www.yougadget.co.cc

we life to share...

Kuliah Sebagai Investasi

Diposkan oleh adamgunardi Maret 31, 2009

Wah, posting pertama nih...hehe :)...
posting saya yang pertama ini cuma ingin memerikan pandangan saya terhadap dunia perkuliahan di tanah air, ya gak seluas itu juga sih, tapi sebagian kecil akan saya bahas disini...

Pernah gak sih kamu pikirin apa yang bakal kamu lakuin setelah lulus kuliah nanti? menikah, jadi pengusaha, atau mau kuliah terus?? terus menurut kamu apasih yang bakal jadi modal utama seseorang untuk sukses menghadapi dunia setelah perkuliahan?? Tampang? warisan dari orang tua?? faktor keberuntungan? atau IPK 4?


hati-hati!! ipk 4 dan gelar sarjana gak akan ngejamin kamu sukses begitu kamu lulus kuliah. Orang dulu si mungkin aja, ipk 3 juga begitu lulus langsung ditarik perusahaan sana-sini untuk bekerja(iyalah)...tapi jaman sekarang beda mas!!mba!!cing!!cui!!bos!! Beda bgt. IPK dan gelar gak lagi dijadiin ukuran kemampuan seseorang untuk siap menempuh dunia pekerjaan. tapi jangan salah paham terus bodo amat IP mau 0,2!! yang ada nanti malah bikin ortu jantungan...

nilai seorang sarjana sekarang lebih diliat personalitinya (bener gak tuh gue nulisnya??)...maksudnya :
  • kemampuan memimpin
  • kemampuan untuk bekerja sama
  • kemampuan untuk berkomunikasi
  • integritas
  • etos kerja
  • bermotivasi tinggi
  • adaptasi
  • kemampuan berorganisasi
  • kemampuan analitikal
  • kemampuan komputer
  • humoris
  • kreatif
  • percaya diri
  • kesopanan
  • bijaksana
dan masih banyak lagi nilai-nilai keperibadian atau kualitas diri yang dibutuhkan untuk menghadapi masa depan. dalam suatu buku kemampuan-kemampuan ini disebut juga soft skills.(ini menurut NACE USA loh)

namun dari kualitas-kualitas diatas ada 7 soft skill yang dianggap sebagai "winning characteristics" yaitu :
  • kemampuan berorganisasi
  • jiwa pemimpin
  • kemampuan bekerja sama
  • kecerdasan
  • kemauan kuat
  • etos kerja
  • kemampuan berbicara

mau kamu jadi pengusaha atau bekerja untuk seseorang, kemampuan ini sangat dibutuhkan. kecuali kalau kamu ingin jadi guru, dosen atau tutor dan sebagainya, praktis ilmu pengetahuan dan gelar yang lebih mendominasi.

kembali ke soft skills. dari beberapa sot skill yang saya tulis di atas, menurut kamu ada gak sih yang diajarin dikelas? hampir tidak ada. namun beruntung bagi kamu yang memiliki dosen atau guru yang doyan nyuruh presentasi di depan kelas, sendiri atau berkelompok. nah untuk mengasah soft skill kamu, diperlukan keseimbangan antara aktivitas akademik dan non akademik. jadi ketika kamu udah lulus kuliah, gak cuma gelar dan IPK saja yang jadi senjata kamu, tapi kualitas diri kamu yang udah terasah ini bakal jadi modal penting lainnya.

TAPI.......walau tak berwujud, sejumlah perusahaan tetap memrlukan bukti nyata akan kualitas diri kamu. sering-sering aja ikut seminar nasional atau internasional (yang jelas internasional pasti lebih oke... :)).

1. karakteristik yang menunjang keberhasilan seseorang :
  • integritas : kejujuran dan kepercayaan seseorang dalam melaksanakan tugasnya.
  • kemampuan manajerial : komunikasi, perencanaan, koordinasi.
  • Jiwa kepemimpinan : tidak perlu dijelaskan lah..
2. Peran kuliah dalam kesuksesan seseorang :
  • sangat penting sekali, umumnya pada awal karir kamu dalam sebuah pekerjaan. selanjutnya soft skill akan menonjol kebutuhannya ketika kamu menapaki jabatan yang lebih tinggi.
dengan demikian kamu haris mempersiapkan diri mulai dari sekarang. bagi waktu antara pendidikan akademis dan non akademis, dan latih juga kecakapan kamu dalam berbahasa inggris. serius, sebenci-bencinya kamu sama bahasanya orang barat(umumnya), jangan lupa kalau bahasa inggris adalah bahasa internasional...ngerti kan maksudnya...okeh...
sekian posting pertama dari saya...terima kasih sudah membaca... :)

1 Responses to Kuliah Sebagai Investasi

  1. salam kenal om :)

    artikel yg bgs bgt, dan krn kebetulan saya sedang cuti maka saya pny sedikit waktu untuk meningkatkan bhs inggris saya ( kebetulan juga sekalian br mulai maen adsense ) jadi mudah2an bisa nulis kkonten yg lebih bermutu.

     

Poskan Komentar